Jajanan Tradisional Terbuat Dari Singkong

1. Tiwul
Hasil gambar untuk tiwul
Tiwul atau Thiwul merupakan makanan pokok pengganti nasi beras yang terbuat dari ketela pohon atau singkong. Tiwul dibuat dari gaplek (singkong yang dijemur). Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras, namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul pernah digunakan untuk makanan pokok sebagian penduduk Indonesia pada masa penjajahan Jepang.
2. Kue Klepon
Hasil gambar untuk klepon
Kue klepon merupakan kue basah yang sangat khas, berasal dari Jawa Tengah. Kue klepon termasuk dalam golongan kue tradisional yang pada umumnya terbuat dari bahan dasar singkong dan tepung ketan yang dipadukan dengan warna hijau dari air perasan daun suji dan daun pandan juga diberi isi gula merah pada bagian tengahnya.
3. Getuk
Hasil gambar untuk gethuk
Getuk adalah jajanan tradisional yang terbuat dari ketela pohon atau singkong sebagai bahan utamanya. Getuk sangat mudah ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pembuatan getuk dimulai dari singkong di kupas kemudian dikukus atau direbus, setelah matang kemudian ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling lalu diberi pemanis gula dan pewarna makanan. Untuk penghidangan biasanya ditaburi dengan parutan buah kelapa.
5. Combro
Hasil gambar untuk combro
Makanan yang terbuat dari parutan singkong ini memang cukup populer dikalangan masyarakat, khususnya yang berada di Jawa Barat. Combro terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat dengan bagian dalamnya diisi sambal oncom kemudian digoreng, karena itulah dinamai combro yang merupakan kependekan dari oncom di jero yang artinya: oncom di dalam. Makanan ini lebih enak disantap saat masih hangat.
6. Kue Sawut Singkong
Hasil gambar untuk sawut singkong
Kue sawut adalah salah satu kudapan dari Jawa Tengah yang menggunakan singkong parut kasar sebagai bahan dasarnya. Biasanya dihidangkan dengan kelapa parut kasar sebagai pelengkap penyajiannya.

Komentar

Postingan Populer