Jajanan Tradisional Ketan Legenda


Hasil gambar untuk penjelasan ketan legenda

Saat berwisata ke Kota Malang, salah satu hal yang tak boleh terlewatkan adalah berbagai kuliner khasnya yang menggoda. Entah pengaruh dari hawanya yang sejuk atau bukan, yang pasti saat berada di Kota Apel tersebut, perut tak pernah berhenti keroncongan.
Untungnya, Malang menyimpan segudang kuliner khas yang nikmat dan lezat. Sembari menikmati angin sejuk yang sepoi-sepoi, tak ada salahnya untuk melipir ke salah satu kuliner legendaris yang kepopulerannya sudah diketahui banyak orang, yakni Pos Ketan Legenda 1967.Bagi mereka yang kerap bertandang ke kota wisata tersebut, kios ketan dengan plang nama berwarna hijau yang begitu khas tentu sudah tak asing dengan kelegitan sajian ketannya itu.
Pencantuman kata ‘legenda’ pada namanya memang bukan bualan atau branding belaka. Nyatanya, Pos Ketan Legenda sudah ada sejak puluhan tahun lalu, tepatnya mulai tahun 1967, dan hingga kini sudah memiliki beberapa cabang di beberapa wilayah Jawa Timur, seperti Malang, Batu, Sidoarjo, Surabaya, bahkan merambah hingga ke luar provinsi seperti Yogyakarta dan Semarang.
Tekstur ketannya yang begitu legit dan empuk menjadi alasan mengapa kudapan tradisional ini mampu bertahan dan terus digemari walau telah banyak variasi makanan lain yang bermunculan.

Bahan-bahan

Langkah

  1. Cuci beras ketan hingga bersih. Rendam dalam air banyak selama 1 jam.
  2. Kukus ketan hingga setengah matang, kurang lebih selama 15 menit.
  3. Dalam panci, rebus santan, garam,daun salam, dan daun pandan hingga mendidih. Matikan api.
  4. Masukkan ketan yg telah dikukus tadi  ke dalam rebusan santan. Aduk-aduk hingga santan terserap habis.
  5. Didihkan dandang/panci kukusan dengan api sedang. Kukus lagi ketan hingga matang selama 30 menit.
  6. Vla: Dalam panci, campur susu cair dan susu kental manis. Aduk rata lalu didihkan. Tuang larutan maizena, aduk rata, dan masak hingga mengental. Angkat dan sisihkan.
  7. Penyelesaian: Tata ketan di piring, tuang vla, dan beri taburan topping. Siap disajikan.

Komentar

Postingan Populer