Jajanan Tradisional Sarabeh Selong

Sarabeh Selong

   Makanan khas Kota Tuban yang selanjutnya adalah Serabeh Selong. Serabeh Selong ini hampir sama dengan Serabi yang khas dari Bandung. Perbedaan Serabeh Selong dengan serabi ini terletak pada bumbu yang digunakan dan cara penyajianya.
   Serabeh Selong ini dihidangkan menggunakan santan kelapa yang kental yang menjadikan makanan ini memiliki rasa yang gurih.
   Jika kamu penasaran tentang makanan Serabeh Selong ini kamu dapat menemukannya di Jalan Lukman Hakim, Gang Ikhlas, Tuban, Jawa, Timur. Tapi ingat, kalau mau mencicipi gurihnya makanan yang satu ini harus datang pagi-pagi agar tak kehabisan.
   
   Biasanya jajanan ini disebut Apem Selong.

Bahan Bahan Untuk Membuat Serabeh Selong yang Lembut, Spesial dan Istimewa

  • 400 ml air kelapa
  • 4 butir telur ayam
  • 2 sendok makan ragi instan
  • 500 gram tepung beras
  • 650 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanilli
  • 50 grm tepung tapioka
  • 1 sendok teh garam
  • 600 ml santan kental
  • 1/2 sendok teh pasta pandan atau lainnya sesuai dengan selera

Cara Membuat Serabeh Selong yang Lembut, Spesial dan Istimewa

Cara Membuat Adonan Serabeh Selong

  1. Pertama, siapkan wadah dan masukan air kelapa ke dalamnya. Lalu masukan ragi instan. Aduk-aduk kedua bahan tersebut sampai merata. Jika sudah, sisihkan terlebih dahulu.
  2. Kemudian, ambil kembali wadah dan campurkan bahan-bahan seperti tepung beras, gula pasir, tepung tapioka, vanili, dan garam. Aduk-aduk semua bahan tersebut sampai tercampur rata.
  3. Setelah itu, masukan campuran air kelapa dan ragi instan tadi ke dalam wadah yang sudah berisi adonan tepung. Tambahkan air ini sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk.
  4. Kemudian, masukan telur ayam yang sudah anda siapkan. Aduk kembali sampai rata.
  5. Ambil santan kental yang sudah anda siapkan. Lalu masukan santan kental tersebut ke dalam adonan pasta pandan atau pasta lainnya sesuai dengan selera anda. Lalu aduk kembali sampai merata.
  6. Karena memanfaatkan ragi instan, maka dari itu tutup adonan dengan menggunakan plastik. Lalu diamkan adonan tersebut salama kurang lebih 4 jam sampai adonan benar-benar mengembang.

Cara Membuat Serabeh Selong Selong

  1. Jika adonan sudah siap, maka anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.
  2. Siapkan cetakan kue apem dan simpan di atas kompor menyala. Biarkan cetakan tersebut panas.
  3. Setelah cetakan panas, tuangkan adonan ke dalam cetakan tersebut.
  4. Tuangkan adonan dengan tinggi sekitar sepertiga dari tinggi cetakan. Agar adonan melebar serta menghasilkan pinggiran yang cantik, anda bisa menekan-nekannya.
  5. Diamkan adonan mengembang di dalam cetakan. Jika adonan sudah mengembang, anda bisa langsung menutup cetakan dan diamkan sampai kue apem matang.
  6. Jika kue apem sudah matang, anda bisa langsung mengangkatnya dan menyajikannya.

Komentar

Postingan Populer