Jajanan Tradisional Khas Madiun

1. Kue Manco

Hasil gambar untuk gambar kue manco
  Kue manco umumnya terdiri dari tiga macam, yaitu kue manco beras, manco kacang dan manco wijen. Kue tradisional yang terbuat dari beras ketan ini konon memiliki mitos bahwa tidak bisa dibuat di daerah lain kecuali di Madiun, khususnya di daerah Grogol, Desa Tambakmas Kecamatan Kebonsari.
Tekstur adonan gurih dan lumuran gula merah yang manis akan terasa legkap untuk menjadikan manco sebagai camilan. Untuk harga per bungkusnya kue manco banyak dijual di took pusat oleh-oleh mulai dari kisaran harga Rp10.000-20.000.

2. Madumongso


   Madumongso adalah makanan khas Madiun yang bercita rasa sangat manis. Terbuat dari ketan hitam yang difermentasi dengan bantuan ragi, madumongso kerap disebut sebagai dodolnya orang Madiun. Biasanya madumongso dibungkus ke dalam kertas minyak warna-warni lalu diikat hingga menjadi bungkusan-bungkusan kecil yang sangat menarik.

  Rasa manis dan lengket hasil perpaduan ketan hitam dan ragi dijamin akan membuat pecinta manis ketagihan dengan jajanan Madiun yang satu ini. Untuk harga madumongso, kamu bisa membeli di pusat oleh-oleh seharga Rp30.000-40.000  per 500 gram.

3. Brem

Mungkin kamu udah sering banget nih mendengar makanan yang satu ini, yaitu brem. Brem juga gak kalah terkenal di kalangan wisatawan saat berburu makanan khas atau oleh-oleh khas Madiun.
Brem terbuat dari beras ketan yang ditanak berkali-kali lalu difermentasi dengan cara didiamkan selama beberapa hari. Setelah itu baru adonan beras ketan diperas dan dikumpulkan sarinya. Bagian sari itulah yang lalu diolah dan dicetak menjadi brem.
Dengan kisaran harga mulai dari Rp10.000 kamu sudah bisa menikmati satu kotak brem yang unik ini. Kamu belum afdol rasanya kalo gak cobain brem saat berkunjung ke Madiun.

4. Lentho

Lentho terbuat dari parutan singkong yang dicampur dengan tempe yang biasa dimakan bersamaan dengan pecel. Namun tempe yang digunakan bukanlah tempe biasa, melainkan tempe yang sudah basi.
Meskipun begitu banyak orang yang menyukai kelezatan lentho, rasa pedas yang bercampur dengan rempah seperti daun jeruk dan lengkuas menjadi alasan para penikmat lentho. Kamu bisa dengan mudah menemukan lentho di pedagang pecel dengan harga mulai dari Rp500-1.000 per buah.

5. Dawet suronotan

Dawet khas Madiun ini punya isian yang unik, yaitu dari warna cendolnya yang bewarna pink. Dicampur dengan ketan, tape, bubur sumsum, santan, sirup gula merah, dan es batu dawet suronotan siap membuat panasnya harimu jadi adem pol! Kamu juga gak perlu khawatir sebab satu porsi dawet suronotan dihargai Rp8000.
Membeli makanan atau jajanan khas daerah bisa menjadi salah satu cara kita melestarikan budaya nusantara. Kamu juga jelas akan berperan dalam mensejahteraan ekonomi masyarakat lokal dengan mencicipi makanan di sana. 

Komentar

Postingan Populer